Sabtu, 23 Mei 2009

BELAJAR JARINGAN KOMPUTER LOCAL AREA NETWORK (LAN) / WIDE AREA NETWORK (WAN)





Dalam perkembangan komputer yang semakin maju pesat dewasa ini, dengan didukung pengembangan perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) menjadikan kita untuk mendapatkan informasi semakin mudah dan cepat, dengan pembangunan sebuah jaringan komputer yang bisa menghubungkan komputer yang satu dengan yang lainnya. Maka dari itu, pembangunan jaringan local area network ( LAN )/wide area network(WAN) akan sangat memungkinkan mengingat jaringan ini sangat cocok dibangun di dalam sebuah gedung bertingkat ataupun perusahaan – perusahaan atau sekolah – Sekolah.

---> L. A. N
Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot. Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai. Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut : 1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi 2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit 3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut.

sedangkan ;
---> W. A. N
WAN adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.

Maka dari itu LAN dapat definisikan sebagai network atau jaringan sejumlah sistem komputer yang lokasinya terbatas seperti yang telah ditulis diatas yang bisa dibangun didalam sebuah gedung, perusahaan, ataupun didalam sekolah, dan media yang digunakan bukan fasilitas komunikasi umum seperti telepon, melainkan pemilik dan pengelola media komunikasi yang merupakan pemilik LAN itu sendiri. dan dari defenisi LAN diatas maka dapat kita ketahui bahwa jaringan local area network(LAN), dibatasi area lokasi secara fisik.

Mengingat pentingnya teknologi informasi yang cepat dan tepat maka, setiap gedung – gedung bertingkat, sekolah – sekolah bahkan perusahaan – perusahaan telah membangun sebuah jaringan local di dalam pemembangun, mengolah, memproses, dan bahkan menyimpan data, dengan menghubungkan kedalam sistem komputer yang telah terhubung dengan jaringan local area network tersebut. Sehingga memudahkan pengambilan data sewaktu – waktu bila diperlukan. Komputer yang terhubumg ke dalam sistem jaringan komputer memudah kan menyimpan, serta mengolah data yang telah tersimpan, maka kualitas kerja akan semakin berkembang dan dapat memperoleh hasil kerja yang diharapkan.

Menurut Wagito jaringan adalah kumpulan komputer dan alat - alat lain yang saling dihubungkan bersama menggunakan media komunikasi tertentu. jaringan komputer merupakan gabungan antara teknologi komputer digabungkan dengan sistem jaringan dan teknologi informasi yang mencakup pemakaian server, database, workstation, link, software, sehingga peningkatan kerja perusahaan akan semakin baik.

Yang menjadi latar belakang pembuatan jaringan local area network (LAN) tersebut adalah karena pembangunan di dalam ruang lingkup yang terbatas sehingga yang bisa dikontrol oleh perusahaan itu sendiri. Dengan teknologi jaringan komputer yang luas, maka mendapat informasi lebih cepat, lebih simple, mudah, dan tepat.





Maksud dan Tujuan

+) Maksud daripada penulisan tugas akhir ini adalah:
Menjelaskan rancangan pembangunan instalansi jaringan komputer dengan metode jaringan local area network (LAN) /(WAN) dengan komponen komponen dasar.

+) Menjelaskan bahwa dengan pembangunan sebuah jaringan komputer dengan LAN akan meningkatkan kreatifitas perusahaan, sehingga mendapatkan informasi yang lebih cepat dan lebih mudah.

Deskriftif.

Dengan riset ini, penulis melakukan pengumpulan data dan waktu obsevasi atas data yang ditemukan di dalam melakukan riset, sehingga data yang di peroleh akurat dan sistematis.


Studi Kepustakaan.

Untuk melengkapi penulisan tugas akhir ini, penulis mencoba melakukan studi pustaka, dengan mengumpulkan data dari beberapa judul buku yang berhubungan dengan jaringan lan, membagun jaringan lan, serta instalasi jaringan lan.


Ruang Lingkup.

Terhadap riset yang telah dilakukan maka penulis membatasi ruang lingkup daripada penulisan tugas akhir ini. Instalasi jaringan, topologi jaringan, piranti penghubung antara jaringan internet dengan system jaringan yang telah dibangun, penggunaan jaringan lan dan maanfaat dalam melakukan aktifitas kerja dalam memperoleh informasi yang cepat dan akurat.

Tapi LAN dengan WAN ini sama - sama bisa penyambung antara satu dengan yang laen tapi dengan cara - cara yang laen .

Salam..................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanks ..............